RIWAYAT BERDIRINYA NUFAIEC - Sekolah
Headlines News :
Home » » RIWAYAT BERDIRINYA NUFAIEC

RIWAYAT BERDIRINYA NUFAIEC

Written By paudnurikabbekasi.blogspot.com on Rabu, 11 Februari 2015 | 10.27

RIWAYAT BERDIRINYA SMA PERSIAPAN NEGERI BATANG

Adalah suatu kenyataan, bahwa SMA Negeri Batang sudah tidak mampu lagi menampung calon2 siswa SMA lulusan SMP-SMP diseluruh wilayah yang meliputi tiga Daerah : Kotamadya Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang.

Dari tahun ketahun dengan meningkatnya jumlah lulusan SMA makin meningkat pula banyaknya calon siswa SMA yang tidak mendapat tempat di SMA Negeri Pekalongan. Mereka terpaksa mencari lain yang sudah tentu tidak lagi sesuai dengan cita-cita semula.

Kabupaten batang, dengan daerahnya yang luas, mempunyai tidak kurang dari 10 (sepuluh) SMP Swasta/Negeri, yang tersebar ditiap-tiap Kecamatan. Tetapi sebegitu jauh Kabupaten ini tidak mempunyai sebuah SMA pun. Dengan meningkatnya jumlah lulusan SMP se-Kabupaten Batang, makin banyak pula calon siswa SMA yang gagal, artinya tidak diterima di SMA Negeri Pekalongan.

Kenyataan yang menyedihkan ini, ditambah lagi dengan keluhan orang tua calon siswa SMA yang gagal melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri Pekalongan, mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Dati II Batang untuk mengatasi masalah ini. Maka dibentuklah Panitia Pelaksana Persiapan Pendirian SMA Negeri Batang. Dengan seizing Bapak Kepala Kantor Wilayah Departemen P & K Prop. Jawa Tengah maka Panitia mengambil langkah2 sebagai berikut :

  1. Mengadakan pendaftaran siswa Kelas I SMA Persiapan "Negeri Batang" , yang pengurusannya dititipkan pada SMA Negeri I Pekalongan.
  2. Penerimaan siswa dibatasi sebanyak-banyaknya 2 (dua) kelas.
  3. Penyelengaraan sekolah tersebut (atas izin Bapak Kepala Kantor Wilayah Departemen P & K Prof. Jawa Tengah). Dititipkan di SMA Negeri Pekalongan berikut fasilitas tenaga pengajarnya selama tahun ajaran 1976 (1 tahun).

Berkat kerjasama yang baik antara Direktur SMA Negeri Pekalongan Cq. Bapak R. Raharjo W. BA, dengan Panitia Pelaksanaan Persiapan Pendirian SMA Negeri Batang, maka lahirlah SMA Persiapan Negeri Batang pada permulaan tahun Ajaran 1976 dengan siswa 90 orang, yang dibagi menjadi 2 (dua) kelas. Sekolah ini masuk siang hari dari jam 13.30 sampai dengan 17.45.

Semester ke 1 diakhiri dengan ulangan umum pada bulan Juni 1976 yang diselenggarakan bersama-sama dengan siswa2 Kelas 1 SMA Negeri Pekalongan, dengan bahan-bahan ulangan umum yang sama.

Dalam semester II julah kelas menjadi 3 (tiga) kelas : Kelas I IPA dengan siswa 30 orang, kelas I IPS.1 dan IPS.2 dengan siswa masing-masing 25 orang. Semester ke II inipun akan ditutup dengan ulangan umum yang diselenggarakan bersama-sama dengan SMA Negeri Pekalongan dan dengan bahan ulangan yang sama pula.

Melihat penyelenggaraannya yang baik, kami yakin bahwa sekolah yang baru lahir ini dapat diharapkan menjadi embrionya SMA Negeri Batang. Dalam tahun ajaran 1977 yang akan dating akan diterima siswa baru sebanyak 2 (dua) kelas dan diharapkan sudah dapat menempati Gedungnya yang baru dengan 6 (enam) kelasnya. Insya Allah.

Demikianlah sekedar Riwayat berdirinya SMA Persiapan Negeri Batang yang dapat kami sampaikan, untuk menjadi maklum dan guna seperlunya
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sekolah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template